Beberapa Gejala Serta Penyebab Osteoporosis

Beberapa Gejala Serta Penyebab Osteoporosis,- Di Indonesia, sebanyak 23% wanita berusia 50-80 tahun dan 53% wanita berusia 70-80 tahun mengidap osteoporosis. Risiko wanita mengidap osteoporosis 4 kali lebih besar dibandingkan dengan risiko pada pria.

Beberapa Gejala Serta Penyebab Osteoporosis

 Meski umumnya osteoporosis dialami oleh wanita yang telah memasuki masa menopause, osteoporosis juga dapat memengaruhi pria, wanita yang  berusia muda, dan anak-anak. Kekurangan kalsium diperkirakan menjadi penyebab banyak kasus osteoporosis di Indonesia.

Tapi apakah anda tau mengenai Penyebab Osteoporosis serta Gejala Awal Terjadinya Osteoporosis? Nah pada kesempatan kali ini sapnuherbal.com akan berbagi informasi mengenai Beberapa Gejala Serta Penyebab Osteoporosis yang perlu untuk anda ketahui. Supaya anda dapat mencegah serta mengatasi osteoporosis dengan tepat.

Osteoporosis merupakan suatu kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Berikut Adalah Beberapa Gejala Serta Penyebab Osteoporosis Yang Perlu Anda Ketahui :

Gejala Osteoporosis
Umumnya tidak ada tanda-tanda terjadinya osteoporosis di awal masa menurunnya kepadatan tulang .Namun beberapa kondisi berikut dapat menjadi gejala terjadinya osteoporosis yaitu : sakit punggung, postur tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan, lebih sering mengalami cedera/keretakan tulang.

Cedera yang umum terjadi pada penderita osteoporosis adalah keretakan pada tulang punggung, tulang pangkal paha, dan pergelangan tangan.

Keretakan tulang pada orang lanjut usia bisa menjadi masalah serius, tergantung pada bagian tubuh manakah keretakan tersebut terjadi. Misalnya dalam kasus keretakan tulang pangkal paha, kebebasan bergerak bisa terhambat dan bahkan bisa berujung pada kelumpuhan permanen. Dalam kasus osteoporosis yang parah, batuk atau bersin ringan saja dapat menyebabkan keretakan pada tulang rusuk atau salah satu bagian dari tulang belakang.

Penyebab Osteoporosis
Osteoporosis disebabkan oleh menurunnya kepadatan tulang seiring pertambahan usia. Beberapa orang lebih berisiko dibanding yang lainnya.

Saat muda, tulang manusia beregenerasi dengan cepat serta berada dalam kondisi paling padat dan kuat. Namun seiring pertambahan usia, tulang lama tidak segera tergantikan dengan tulang baru dan tidak lagi bertumbuh. Hal ini membuat tulang secara perlahan menjadi lebih rapuh dari waktu ke waktu. Makin tua, kepadatan tulang Anda menjadi makin berkurang. Tulang menjadi melemah, keropos, dan lebih rentan retak.

Perubahan kadar hormon dapat memengaruhi kepadatan tulang. Pada wanita, hormon estrogen dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Namun setelah menopause, penurunan kadar estrogen dalam tubuh  mengakibatkan penurunan kepadatan tulang secara drastis. Ini mengakibatkan wanita lebih berisiko terkena osteoporosis dibanding pria.

Wanita dengan kondisi berikut ini lebih berisiko terkena osteoporosis :

  • Tidak mengalami siklus menstruasi dalam waktu lama (lebih dari enam bulan) akibat olahraga atau diet yang berlebihan.
  • Mengalami menopause dini (sebelum usia 45).
  • Menjalani histerektomi (operasi pengangkatan rahim) sebelum usia 45, terutama jika kedua ovarium juga diangkat.

Pengaruh hormon pada osteoporosis yang diidap pria tidak sesignifikan pada wanita. Pria terus memproduksi hormon testosteron hingga usia tua. Meski demikian, diperkirakan tetap ada hubungan antara osteoporosis dengan hormon testosteron yang membantu menjaga tulang tetap kuat. Hal ini diindikasikan oleh risiko osteoporosis yang menjadi meningkat pada pria dengan kadar testosteron rendah.

Dalam setengah kasus penderita pria, penyebab osteoporosis tidak diketahui dengan pasti sedangkan setengahnya bisa disebabkan oleh :

  • Mengonsumsi minuman keras berlebihan.
  • Konsumsi obat-obatan seperti glukokortikoid.
  • Kondisi yang menyebabkan kadar testosteron lebih rendah dari kadar normal (hipogonadisme).

Itulah informasi mengenai Beberapa Gejala Serta Penyebab Osteoporosis yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Bagi anda yang mengalami gejala osteoporosis atau bahkan mengalami osteoporosis, kami merekoemndasikan kepada anda untuk mengkonsumsi Obat Osteoporosis Herbal Calcium Softgel sebagai alternatif terbaik untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau kepadatan tulang menurun, serta mampu mengatasi osteoporosis secara efektif serta aman tanpa sebabkan efek samping.

Calcium Softgel Herbal merupakan produk herbal yang mengandung Ultrafine Calcium Carbonate dan Vitamin D yang mana kedua kandungan tersebut memiliki manfaat yang sangat bagus sekali untuk mengatasi kepadatan tulang yang menurun ataupun osteoporosis. Untuk Informasi lebih lengkap mengenai Calcium Softgel ini, Silakan Klik DISINI.

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya :

Cara Mencegah Serta Mengatasi Gangguan Pencernaan
Fungsi Ginjal Dalam Tubuh
Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Dengan Tepat
Cara Mengatasi Kapalan atau Callus Pada Kaki
Daftar Makanana Yang Kaya Akan Kandungan Kalsium

Beberapa Gejala Serta Penyebab Osteoporosis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*