Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Tulang

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Tulang,- Tulang merupakan salah satu bagian terpenting bagi tubuh kita, apa jadinya jika tubuh tidak memiliki tulang? Pastinya tubuh tidak bisa berdiri dengan kokoh. Tulang-belulang berguna untuk menyanggah serta menggerakkan tubuh. Tidak hanya itu, tulang juga bisa melindungi organ dalam, menyimpan kalsium, menahan otot, serta memproduksi sel darah. Tapi apakah anda tahu, bahwa ada berbagai macam jenis penyakit yang dapat menyerang tulang. Nah pada kesempatan kali ini, sapnuherbal.com akan berbagi informasi seputar Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Tulang yang perlu untuk kita ketahui.

Berikut Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Tulang Yang Perlu untuk Kita Ketahui :

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Tulang

1.Osteoporosis
Osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Umumnya tidak ada tanda-tanda terjadinya osteoporosis di awal masa menurunnya kepadatan tulang. Namun beberapa kondisi berikut dapat menjadi gejala terjadinya osteoporosis yaitu : sakit punggung, postur tubuh bungkuk, menurunnya tinggi badan, lebih sering mengalami cedera/keretakan tulang.  ( Baca Juga : Obat Osteoporosis Herbal )

2. Osteoarthritis
Osteoarthritis adalah salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi terasa sakit dan kaku. Pembengkakan juga dapat terjadi pada sendi-sendi tersebut.

Sendi yang paling sering mengalami kerusakan pada kondisi ini meliputi tangan, lutut, pinggul, dan tulang punggung. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sendi-sendi yang lain juga bisa terserang.

Osteoarthritis menyebabkan tulang rawan mengalami kerusakan secara perlahan-lahan. Tulang rawan adalah jaringan ikat padat yang kenyal dan elastis. Jaringan ini menyelubungi ujung tulang pada persendian untuk melindunginya dari gesekan. ( Baca Juga : Cara Menyembuhkan Osteoarthritis )

3. Kifosis
Kifosis adalah penyakit kelainan pada tulang belakang yang menyebabkan tubuh penderita melengkung ke depan melebihi batas normal atau bungkuk. Kifosis dapat disebabkan oleh postur tubuh yang buruk, radang sendi, osteoporosis, ataupun beberapa faktor lainnya, namun kifosis pada anak-anak dapat muncul tanpa sebab yang jelas. Kifosis dapat menimbulkan rasa lelah serta rasa nyeri dan kaku pada punggung

4. Osteomalasia
Osteomalasia merupakan kelainan pada tulang yang membuat tulang menjadi melunak. Tulang yang lunak membuat tulang menjadi mudah melengkung dan patah. Osteomalasia terjadi saat terjadi gangguan pada proses pembentukan tulang.

Keluhan yang paling umum terjadi pada osteomalasia adalah kelemahan otot dan nyeri pada tulang. Kelemahan pada otot inilah yang menyebabkan aktivitas seseorang dengan osteomalasia menjadi terganggu. Sedangkan tulang yang sering mengalami keluhan nyeri adalah tulang belakang, rusuk, panggul, dan kaki. ( Baca Juga : Obat Osteomalasia )

5. Rakitis
Rakitis adalah penyakit pertumbuhan tulang pada anak yang umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin D dan kalsium.

Gejala utama penderita rakitis adalah pelunakan atau pelemahan tulang. Tulang yang rapuh ini menyebabkan penderita rakitis menjadi lebih rentan mengalami patah tulang.

Selain pelunakan, bagian tulang yang terkena penyakit ini juga akan terasa sakit. Tidak jarang orang tua akan mendapati anaknya menjadi malas berjalan atau mudah lelah saat berjalan. Gejala kesemutan, kedutan, dan kram otot bahkan bisa muncul apabila penderita rakitis juga menderita hipokalsemia atau defisiensi kalsium dalam darah.

Penyebab utama penyakit rakitis pada anak adalah kurangnya vitamin D dan kalsium. Faktor-faktor penyebab seorang anak kekurangan kedua zat tersebut bisa bermacam-macam, salah satunya adalah kurangnya asupan makanan yang kaya akan kedua zat tersebut, seperti sayuran, keju, susu, telur, dan minyak ikan. ( Baca Juga : Obat Rakitis )

6. Skoliosis
Skoliosis adalah kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara tidak normal. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak sebelum masa pubertas.

Gejala skoliosis dapat dilihat dari perubahan penampilan dada, pinggul, atau bahu. Berikut ini adalah gejala-gejala skoliosis yang dapat dilihat dari penampilan fisik.

  • Salah satu pinggul tampak lebih menonjol.
  • Penderita skoliosis mungkin condong ke satu sisi.
  • Salah satu bahu lebih tinggi.
  • Salah satu tulang belikat tampak lebih menonjol.

Skoliosis juga dapat menyebabkan nyeri punggung, meski tidak semua penderita skoliosis mengalami hal ini. Penderita skoliosis dewasa lebih sering mengalami nyeri punggung yang biasanya terletak di titik lengkungan terjadi. Hal ini diakibatkan oleh makin parahnya lengkungan tulang belakang.

Itulah Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Tulang yang Sapnu Herbal ketahui. Semoga saja informasi yang telah disamapikan di atas dapat bermanfaat.

Beberapa Macam Jenis Penyakit Pada Tulang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*