Khasiat Yang Terkandung Dalam Bawang Merah

Khasiat Yang Terkandung Dalam Bawang Merah,- Mungkin anda semua sudah pasti mengathui Bawang merah yang merupakan salah satu rempah rempah yang sering digunakan untuk memasak. Bawang merah (Allium cepa L. var Aggregatum) adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Bahkan di indonesia sendiri, hampir pada setiap masakan pasti menggunakan bawang merah. Tapi taukah anda akan kandungan yang terdapat dalam bawang merah? dan apa saja khasiat bawang merah bagi tubuh kita? Nah pada artikel kali ini, sapnuherbal.com akan berbagi informasi seputar Khasiat Yang Terkandung Dalam Bawang Merah yang perlu untuk anda ketahui.

Berikut Beberapa Khasiat Yang Terkandung Dalam Bawang Merah

Khasiat Yang Terkandung Dalam Bawang Merah

1. Sebagai Anti virus, bakteri dan baik untuk diabetes
Bawang merah mengandung anti-oksidan, mineral, vitamin. Bawang merah juga memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur. Bawang merah menjadi obat yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

2. Mengurangi Kolesterol
Allicin dalam bawang merah dapat berguna untuk mengurangi produksi kolesterol. Allicin dalam bawang merah sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang merah rendah kalori dan banyak nutrisi. Jika Anda sedang diet, Anda dapat menambahkan bawang merah untuk menikmati rasa lezatnya makanan, tanpa menumpuk kalori.

3. Mengobati Rambut Rontok
Ini adalah salah satu khasiat dari bawang merah. Bawang kaya akan sulfur, yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut. Siapkan ramuan dengan cara membuat jus bawang merah terlebih dahulu. Pijatlah kulit kepala dengan hot coconut oil selama 30 menit, sebelum mengoleskan jus bawang untuk membuka pori-pori kulit kepala. Lalu, tutup rambut Anda dengan handuk hangat untuk menguapkan rambut.

4. Menyembuhkan Sembelit
Bawang merah mengandung serat alami yang dapat membantu membuang partikel makanan keras dan racun yang terjebak di dalam usus. Jika Anda sedang mengalami sembelit, jangan ragu-ragu untuk makan satu atau dua siung bawang merah mentah. Anda juga dapat mencampurkan bawang merah mentah tersebut di dalam salad sehingga rasa pedasnya dapat tertutup oleh rasa komponen yang lain.

5. Baik untuk kekebalan tubuh
Campur jus bawang merah dengan madu dan konsumsi satu sendok teh campuran ini tiga kali sehari. Ini efektif mengatasi bronkitis, influenza, pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Termasuk membantu mencairkan dahak.

Selain khasiat yang telah di informasikan di atas, pada bawang merah juga terdapat Vitamin B6 efektif mencegah dan mengobati anemia sideroblastik. Selain itu, vitamin dengan nama lain pyridoxine ini diduga efektif membantu mencegah hilangnya penglihatan yang disebabkan oleh degenerasi makula, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko batu ginjal dan kanker paru-paru, meringankan sindrom pramenstruasi (PMS) seperti nyeri pada payudara dan masalah menstruasi lainnya, serta meringankan mual dan muntah pada awal kehamilan.

Selain Vitamin B6, pada bawang merah juga terdapat Vitamin C yang dapat membantu melindungi dan menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat, membantu penyembuhan luka, membantu pembentukan kolagen, mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, bahan kimia beracun dan polutan, serta memelihara tulang, otot, dan pembuluh darah.

Vitamin C kemungkinan juga efektif meningkatkan penyerapan zat besi di tubuh. Vitamin ini juga diduga efektif membantu mencegah hilangnya penglihatan atau memperlambat jalannya penyakit degenerasi macula, yaitu memburuknya fungsi saraf penglihatan yang diturunkan atau karena faktor lingkungan. Tapi manfaat ini didapat jika dikonsumsi bersamaan dengan zinc, vitamin E, dan beta-karoten.

Vitamin C juga mengurangi risiko pengerasan arteri, melindungi ginjal saat diberikan zat kontras untuk tindakan diagnostic seperti angiografi, mengurangi efek kemerahan akibat kosmetik atau tindakan laser estetik, juga melindungi kulit dari munculnya kerutan dini akibat paparan sinar matahari, menurunkan risiko terkena kanker mulut dan kanker lainnya, mencegah pilek juga infeksi paru-paru yang biasa terjadi setelah olahraga berat, membantu pencegahan penyakit kandung empedu pada wanita, sengatan matahari, dan mencegah kehilangan tulang rawan sehingga gejala osteoarthritis (radang tulang dan sendi) tidak memburuk. ( Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sesak Nafas )

Itulah informasi seputar Khasiat Yang Terkandung Dalam Bawang Merah yang dapat saya sampaikan. Mudah mudahan dengan adanya informasi yang telah saya sampaikan diatas, dapat bermanfaat bagi anda, sehingga anda tau akan manfaat yang terkandung dalamb bawang merah ini.

Khasiat Yang Terkandung Dalam Bawang Merah

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*