Manfaat Berhubungan Intim atau Seks untuk Kesehatan

Sebenarnya selain sebagai pemenuhan kebutuhan biologis suami istri, ternyata banyak sekali Manfaat Berhubungan Intim atau Seks untuk Kesehatan tubuh kita.

Sudah banyak ahli yang meneliti manfaat seks bagi kesehatan fisik dan jiwa manusia. Dan hampir semua penelitian tersebut menyebut ada korelasi yang erat antara seks dengan kesehatan dan seks dengan kebahagiaan.

Ya, ternyata seks bukan hanya sebuah kegiatan pelampiasan nafsu semata. Penelitian-penelitian tersebut mengatakan bahwa berhubungan seks secara teratur dapat meningkatkan kesehatan pada pria dan wanita.

Berikut Beberapa Manfaat Berhubungan Intim atau Seks untuk Kesehatan :

Manfaat Berhubungan Intim atau Seks untuk Kesehatan

Membuat Jantung lebih sehat
Rangsangan seksual dan orgasme membuat denyut jantung meningkat. Pengidap penyakit jantung juga bisa mendapatkan manfaat ini selama mereka masih dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan normal, misalnya menaiki dua anak tangga tanpa menimbulkan nyeri dada. Ditemukan bahwa berhubungan seksual setidaknya dua kali sepekan dapat mengurangi risiko serangan jantung mematikan hingga 50 persen, dibandingkan dengan mereka yang berhubungan seksual kurang dari sekali sebulan.

Meningkatkan kualitas tidur
Setelah orgasme, tubuh melepaskan hormon prolaktin yang berperan mendatangkan rasa rileks dan mengantuk. Itulah alasan seseorang lebih mudah mengantuk dan tidur setelah melakukan hubungan seksual.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh dengan seberapa seringnya Anda melakukan hubungan seksual memiliki keterkaitan secara medis. Tingkat imunoglobulin A (IgA)  pada orang yang melakukan hubungan seksual sekali atau dua kali dalam sepekan adalah 30 persen lebih tinggi daripada yang tidak melakukannya lebih rutin. Antibodi ini berperan menjaga tubuh dari penyakit.

Mengatasi rasa nyeri
Berhubungan seksual merupakan jawaban ketika Anda didera rasa nyeri. Tapi, jika Anda mengalami sakit punggung, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter.

Spesialis Arthritis dari Philadelphia, Dr George E Erlich melakukan penelitian tentang hubungan antara arthrithis dan jenis kelamin. Pasien yang rutin berhubungan seksual, mengalami rasa sakit yang cukup sedikit.

Menjaga tekanan darah tetap normal
Penelitian terhadap beberapa pasangan yang berpegangan tangan selama 10 menit diikuti berpelukan selama 20 detik bisa mendapatkan keuntungan menurunkan tekanan darah.

Meredakan stres
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak melakukan hubungan seksual paling berisiko mengalami stres dibandingkan kelompok yang melakukan aktifitas seksual dengan atau tanpa penetrasi. Intimasi atau orgasme yang tanpa melibatkan penetrasi sekalipun dapat membantu orang untuk merasa rileks, serupa dengan meditasi. Rangsangan seksual melepaskan bahan kimia pada otak dan hormon yang membuat Anda merasa lebih nyaman. Selain itu, intimasi dapat meningkatkan rasa percaya diri yang membentuk hidup lebih sehat dan bahagia.

referensi : http://www.alodokter.com/11-manfaat-sex-untuk-tubuh-lebih-sehat

Bagi masing-masing pihak, hubungan seksual yang sehat dan dilakukan secara teratur selain bermanfaat terhadap kesehatan fisik, juga bermanfaat bagi kesehatan psikologis, yaitu dapat mengurangi risiko penyakit kejiwaan, depresi, hingga bunuh diri. ( Baca Juga : Penyebab Ejakulasi Dini dan Cara Mengatasinya )

Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Manfaat Berhubungan Intim atau Seks untuk Kesehatan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan diatas dapat membuat anda lebih bersemangat dalam memuaskan pasangan anda.

Manfaat Berhubungan Intim atau Seks untuk Kesehatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*