Penyebab Penyakit Kuning serta Cara Mencegahnya

Mengetahui Penyebab Penyakit Kuning serta Cara Mencegahnya memang merupakan suatu hal yang perlu untuk kita ketahui, agar kita dapat terhindar dari penyakit kuning ini ? Nah pada artikel kali ini akan dibahas informasi seputar Penyebab Penyakit Kuning dan Cara Mencegah Penyakit Kuning.

Penyebab Penyakit Kuning serta Cara Mencegahnya

Penyebab Penyakit Kuning serta Cara Mencegahnya

Penyakit Kuning merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat adanya penumpukan zat berwarna kuning yang disebut bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh.

Penyebab Penyakit Kuning
Berdasarkan penyebabnya, penyakit kuning terbagi menjadi tiga jenis yaitu penyakit kuning pre-hepatic, intra-hepatic, dan post-hepatic. ‘Hepatic’ berarti organ hati. Dengan kata lain, penyebab penyakit kuning bisa terjadi akibat gangguan sebelum bilirubin dibawa oleh darah memasuki hati, di dalam hati atau setelah melewati hati.

Penyakit kuning pre-hepatic
Penyakit kuning pre-hepatic terjadi ketika kadar bilirubin meningkat akibat penguraian sel darah merah yang terjadi lebih cepat dibandingkan biasanya. Kondisi ini di antaranya bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis, seperti Anemia sel sabit, Anemia hemolitik, Malaria, Talasemia, Sferositosis turunan serta Sindrom Gilbert. Penyakit kuning pre-hepatic dapat diderita oleh berbagai umur termasuk anak-anak.

Penyakit kuning intra-hepatic
Penyakit kuning intra-hepatic disebabkan oleh gangguan yang terjadi di dalam hati yang mengakibatkan organ tersebut kurang mampu untuk memproses bilirubin, Kerusakan hati ini di antaranya bisa disebabkan oleh Demam kelenjar, Sirosis, Hepatitis A, B, dan C, Hepatitis autoimun, Peradangan saluran empedu atau cholangitis, Kanker hati, Leptospirosis, Sindrom Dubin-Johnson, Sindrom Gilbert, Kerusakan hati akibat alkohol, narkoba, overdosis obat, atau zat kimia lainnya.

Penyakit kuning post-hepatic
Penyakit kuning post-hepatic terjadi ketika terdapat gangguan pada proses pembuangan cairan empedu yang mengandung bilirubin ke dalam sistem pencernaan akibat saluran empedu yang terhambat, mengalami radang, atau bahkan rusak. Beberapa kondisi medis yang menyebabkan hal ini adalah Radang pankreas atau pankreatitis, Batu empedu, Kanker pada saluran atau kantong empedu, Kanker pankreas

Cara Mencegah Penyakit Kuning
Banyak kondisi atau faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit kuning, salah satunya adalah hepatitis. Upaya pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan meminimalisasi risiko terkena kondisi tersebut. Meski demikian, ada beberapa garis besar hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah serta meminimalisasi risiko kita terkena penyakit kuning, beberapa di antaranya adalah :

  • Melakukan vaksinasi hepatitis A dan B.
  • Menghindari penggunaan jarum suntik secara sembarangan dan menggunakan kondom saat berhubungan seksual agar tidak tertular hepatitis B, dan terutama hepatitis C yang belum ada vaksinasinya.
  • Menjaga berat badan sehat (kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena batu empedu dan sirosis).
  • Membatasi konsumsi minuman keras.
  • Menyiapkan atau membawa obat-obatan pereda malaria jika ingin melakukan perjalanan ke daerah yang rawan kondisi tersebut.
  • Selalu mengonsumsi makanan atau air minum yang bersih.
  • Menghindari paparan zat kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

Selain itu, berolahraga secara teratur, mengontrol konsumsi alkohol, dan menjaga berat badan juga penting untuk diterapkan sebagai upaya mencegah penyakit kuning.

referensi : http://www.alodokter.com/penyakit-kuning

Itulah informasi mengenai Penyebab Penyakit Kuning serta Cara Mencegahnya yang mudah mudahan dapat bermanfaat. Dan bagi anda yang mempunyai keluhan seputar penyakit kuning, kami merekomendasikan kepada anda untuk mengkonsumsi Obat Herbal Penyakit Kuning Hepatsure Capsule sebagai alternatif terbaik untuk menyembuhkan penyakit kuning secara alami serta efektif dan aman. Untuk informasi lebih lengkapnya lagi mengenai Obat Herbal ini, silakan klik : Obat Herbal Penyakit Kuning

Penyebab Penyakit Kuning serta Cara Mencegahnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*